united

Pemain Yang Kontraknya Akan Habis di Man United

Manchester United, setan merah, the red devils. Julukan yang sepertinya sudah tidak asing lagi. Julukan yang juga sepertinya tidak pantas disematkan lagi. Kenapa? Bukan setan namanya jika harus bersaing hanya untuk bermain di Liga Champions. Kerjaan setan kan mengganggu makhluk yang sempurna yaitu manusia. Sementara MU yang sekarang saja tidak bisa mengganggu klub-klub papan atas yang bermain sempurna. Cenderung tertinggal di papan tengah.

Kalau yang diincar hanya masuk Liga Champions, MU bisa saja ditinggal para pemainnya. Mereka juga punya ambisi. Ingin menjuarai Liga Inggris bersama tim raksasa seperti MU. Raksasa yang sudah jadi liliput. Kalau ambisi United dengan Ed Woodward hanya sebatas yang penting masuk Liga Champions, ya sudah. Itu kebijakan klub. Saya tidak bisa melarang.

Yang jelas, jika target-target United tidak mampu membuat para pemainnya merasa tertantang, siap-siap saja kehilangan. Lihatlah para pemain yang hingga saat ini belum mau membubuhkan tanda tangan di kontrak baru. Kontrak baru yang akan mengganti kontrak lama mereka yang hanya sampai pada Juni 2019, akhir musim ini.

Seru juga kalau bahas peluang siapa saja pemain yang akan angkat kaki dari United. Total ada 10 pemain yang akan habis kontraknya pada Juni 2019. Dari kesepuluh itu, tidak akan dibahas semua. Sebab 4 di antaranya ada opsi perpanjangan kontrak satu tahun. Peluang mereka tinggal masih besar. Yang akan dibahas 6 pemain lain yang tidak punya opsi itu. Artinya, ada kontrak baru berarti tinggal, tidak ada kontrak baru ya siap keluar.

Pertama Juan Mata. Dibeli dari Chelsea oleh Lord Moyes di musim pertamanya. Iya musim pertama, dia hanya melatih satu musim saja. Masih jadi alternatif Mourinho di sayap kanan. Sempat digembar-gemborkan akan dilego waktu Mou datang. Tapi tidak jadi sebab sayap kanan United masih begitu-gitu saja. Buruk. Masa mau pasang Valencia yang tidak bisa belok di sayap kanan. Ngawur. Alexis, yang diharapkan datang untuk mengisi sayap kanan, juga tidak bagus-bagus amat di United. Jadi sepertinya Mata akan bertahan.

Kedua Ander Herrera. Pemain tengah yang tadinya tipe playmaker, dijadikan Mou ke destroyer. Tugasnya menghentikan alur serangan lawan. Jangan kira dia tidak bisa. Eden Hazard sudah merasakan ribetnya digondeli Herrera sepanjang pertandingan. Kalau tidak percaya tanya saja. Tapi peluang Herrera di United sangat kecil untuk lanjut. Fred, Pogba, dan Matic masih lebih bisa diandalkan. Tentu saja Herrera bisa jadi backup. Tapi jangan lupakan Lord Fellaini yang berposisi sama dengan Ander Herrera. Mou tentu pilih anak emasnya itu.

Ketiga Phil Jones. Dulu saya sering berkhayal kalau Phil Jones akan jadi seperti Vidic. Dan memang benar, kecuali pada aspek-aspek tertentu. Vidic diibaratkan rela mati agar MU tidak kebobolan. Itu betul. Cari saja di Youtube video kompilasinya. Sama juga dengan Jones. Foto-foto ekspresi mukanya itu bisa jadi bukti. Sudah, cuma itu. Aspek lainnya berbeda. Kemampuan heading, tackling, dll tidak sebanding. Apalagi soal leadership. Maaf Phil, tapi jika saya jadi Mou, kamu akan saya depak.

Keempat Chris Smalling. Pilihan utama Mou di lini belakang. Saya yakin Mou memilih dia bukan karena suka akan kualitasnya. Tapi lebih pada tidak adanya opsi yang lain. Inkonsistensi Bailly dan Lindelof, ditambah pelitnya Ed Woodward beli pemain baru, buat Mou menjatuhkan hati pada Smalling. Tapi maaf United, jika saya memainkan Football Manager dan kamu adalah klub saya, orang yang selalu saya jual di musim pertama adalah Smalling. Smalling Out! Aderweireld In!

Kelima Ashley Young. Speechless kalau sudah bahas yang satu ini. Masih bertanya, kenapa Young masih saja ada di squad United. Padahal sudah banyak bek sayap yang ada di MU. Dari Blind, Shaw, Dalot, Darmian, tapi masih saja Young yang jadi starting XI. Sudah tendang saja. Satu-satunya alasan untuk mempertahankan Young adalah kombonya dengan Fellaini. Crossing dan sundul dan gol.

Keenam Andreas Pereira. Wonderkid. Masa depan cerah. Sempat mencoba menggantikan posisi Matic saat dia cedera. Tapi masih tetap kalah pengalaman. Satu kata. Pertahankan.

Sebenarnya ada nama-nama besar seperti De Gea dan Martial. Mereka inilah tulang punggung United. Kontrak mereka akan habis akhir musim ini. MU tidak perlu galau, mereka pasti bertahan.

Tinggal aktifkan opsi perpanjangan satu tahun, De Gea dan Martial akan tetap merumput di Old Trafford. Ah, lega.

Please follow and like us:

Mana Komentarnya? Jangan diem-diem bae